Lanjut ke konten

Mengatasi Bayi Sering Menangis

Juli 29, 2011

Ustadz Aunur Rofiq bin Ghufron

 Kami yakin bahwa setiap orang tua yang sayang kepada anaknya tentu sedih bila sang buah hati sering menangis. Bahkan boleh jadi jengkel, hati bertambah keras ketika anak sering menangis, bahkan lalu dipukul. Ketahuilah, kekerasan tidaklah akan menyelesaikan perkara.

Orang tua tidak perlu sedih dan panik ketika anaknya sering menangis. Carilah penyebabnya, karena setiap problem atau penyakit pasti ada obatnya. Alloh Ta’ala berfirman :

Sesungguhnya sesudah kesakitan itu ada kemudahan. (QS. Asy-Syarh [94] : 6)

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Tidaklah Alloh menurunkan penyakit melainkan Dia menurunkan pula obatnya.” (HR. al-Bukhori 19/89)

MENGAPA BAYI SERING MENANGIS ?

Bayi menangis tentu ada sebabnya. Bisa jadi karena ditinggal kekasihnya dan akan diam bila kekasihnya datang menghampirinya. Atau karena haus dan lapar yang kalau dengan diberi makan dan minum dia akan diam, atau dia risih dengan kotoran dan najis yang mengenai badannya, atau karena kulit pantat atau kelaminnya terluka karena pengaruh popok atau diaper yang terkadang orang tua kurang memperhatikan, atau perutnya kembung, atau karena yang lain. Orang tua hendaknya mengerti dan waspada apa yang dirasakan oleh anaknya, karena dia belum mampu menyampaikan keluhannya. Dia hanya bisa menangis bila merasakan sakit atau bila tidak terpenuhi keinginannya. Insya Alloh dengan mencari dan mengatasi penyebabnya anak akan menjadi tenang dan tidak menangis lagi. Kecualibila pembawaannya memang suka menangis, orang tua hendaknya bersabar dan insya Alloh tangisan anak ada manfaatnya.

Apabila penyebabnya sudah dicari ternyata tidak ada, coba dibawa ke dokter, barangkali ada penyakit dalam yang orang tua tidak mengetahuinya. Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Tidaklah Alloh menurunkan penyakit melainkan Dia menurunkan obatnya. Sebagian orang mengetahui obatnya, dan sebagian lagi tidak mengetahuinya.” (HR. Ahmad 1/377, dishohihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shohihul Jami’ 1089).

Jika dinyatakan oleh dokter spesialis anak bahwa dia tidak sakit, tentu ada penyebab lain. Mungkin dia diganggu oleh orang yang dengki atau makhluk halus berupa jin.

Gangguan jin memang ada. Oleh karena itulah kita disuruh membaca surat al-Falaq dan an-Nas karena surat ini mengandung permohonan perlindungan kepada Alloh dari gangguan setan manusia dan setan jin.

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat di rumahnya ada budak perempuan yang wajahnya pucat, muram dan hitam. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Ruqyahlah (bacakan ayat al-Qur’an) dia, karena dia terkena gangguan makhluk halus.” (HR. Al-Bukhori 7/171).

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Penyakit al-ain karena dilihat oleh orang yang dengki itu benar adanya. Seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir, tentu penyakit ain-lah yang mendahuluinya. Apabila kamu diminta memandikan, maka mandikanlah dia.” (HR. Muslim 7/13).

Imam Malik rahimahullah berkata : Apabila kamu diminta untuk memandikan orang yang terkena penyakit ain, maka basuh wajahnya, dua tangannya, dua sikunya, dua lututnya dan ujung jari kakinya dan semua badannya dengan air yang dimasak. (Faidhul Qodir 5/416)

Sebagian ulama menjelaskan, hendaknya dimandikan dengan tujuh lembar daun bidara atau berapa saja. Ada yang mempraktikkan dicampur dengan tawas dan satu sendok garam, lalu dimasak sampai mendidih dan dimandikan, maka sembuh penyakitnya, dan inilah sering kami praktikkan. Ketika ada orang mengeluh terkena gangguan jin. Alhamdulillah Alloh menyembuhkan gangguan tersebut.

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Hendaknya orang yang terkena penyakit ain (gangguan jin) berwudhu dan mandi.” (HR. Abu Dawud, dishohihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Silsilah ash-Shohihah  6/61).

Inilah pengobatan Tibbun Nabawi yang sangat manjur, tentunya dengan kehendak Alloh Ta’ala.

CARA MERUQYAH ANAK YANG TERKENA GANGGUAN JIN

Jika dimandikan dengan daun bidara atau diberi minum daun bidara belum sembuh atau tidak ada reaksi, maka kita mencoba meruqyahnya dengan membacakan ayat-ayat al-Qur’an dan do’a yang ma’tsur dari Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam atau para ulama sunnah. Caranya :

  • Upayakan rumah tidak ada gambar yang bernyawa, anjing dan barang yang dianggap keramat, semisal keris, azimat, ayam atau burung yang dianggap bisa menangkal bala’, tidak menyalakan TV, tidak ada suara nyanyian, karena benda ini menghalangi malaikat rahmat masuk di rumah kita.
  • Bersucilah sebelum meruqyah. Bila perlu mandi dan sholatlah dua roka’at di rumah, memohon kepada Alloh agar dia disembuhkan penyakitnya, sebagaimana beliau menjalankan sholat dua roka’at pada saat berkunjung di rumah sahabatnya.
  • Bacakanlah di telinga anak yang menangis surat al-Fatihah, Ayat Kursi, dua ayat yang terakhir dari surat al-baqoroh, surat al-A’rof 117-122, Yunus 80-82, Thoha 65-69, al-Kafirun, al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas. Mulailah dengan bacaan ta’awwudz setiap membaca ayat tadi. Atau membaca surat lainnya juga tidak mengapa, karena semua ayat al-Qur’an adalah syifa’ (obat). Insya Alloh jika penyebabnya diganggu jin, anak akan diam sebelum kita selesai membaca semua surat tersebut. Alhamdulillah pengobatan ini sering kami praktikkan dan hasilnya cukup memuaskan.
  • Jika mungkin memahami makna ayat yang dibaca itu lebih baik karena mengena sasarannya.
  • Hendaknya kita tidak menzholimi orang lain, baik dengan mengambil hartanya tanpa haq, atau dengan melontarkan perkataan atau perbuatan yang menyakitinya. Sebab terkadang orang yang dizholimi akan memendam dendam dan ingin membalas dengan cara yang halus. Dia pergi ke tukang sihir atau dukun, lalu dukun itu meminta bantuan jin dengan mengirim buhul-buhul kepada orang yang dituju. Atau bisa jadi dia berdoa, lalu doanya dikabulkan oleh Alloh Ta’ala.
  • Hendaknya orang yang meruqyah memiliki ilmu dien (agama) yang cukup, beramal sholih, menjauhi makan dari hasil yang haram karena hal itu bisa jadi menghalangi terkabulnya doa, sebagaimana diterangkan dalam hadits yang shohih.

HINDARKAN ANAK DARI GANGGUAN JIN

Untuk membendung kemungkinan anak di ganggu jin, upayakan anak tidak keluar pada saat matahari tenggelam, dan tutuplah pintu dan jendela rumah, karena pada saat itu setan sedang menyebar di mana-mana. Tutuplah makanan dan minuman agar setan tidak makan dan minum bersama kita. Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Apabila matahari menjelang terbenam, cegahlah anakmu keluar dari rumah, karena waktu itu setan sedang menyebar. Apabila sudah agak petang, mereka boleh keluar. Tutuplah pintu dan bacalah bismillah, karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup.” (HR. Al-Bukhori 4/155)

Apabila anak diajak keluar, hendaknya sang ibu atau bapak membaca doa untuk dirinya dan anaknya :

”Dengan menyebut nama Alloh, aku bertawakal kepada Alloh. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Alloh.”

Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Barangsiapa keluar dari rumah lalu membaca :

Dikatakan kepadanya ; Engkau telah mendapatkan petunjuk, engkau telah dicukupi, engkau telah dijaga dan dijauhkan dari gangguan setan.” (HR. At-Tirmidzi).

Dan ditambahkan oleh Abu Dawud : ”Setan itu memberitahu setan lain, ’Bagaimana mungkin kamu bisa menggoda orang ini, padahal dia telah mendapatkan petunjuk, telah dicukupi dan dijaga dari segala gangguan?!’” (HR. Abu Dawud, dishohihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah 4/486).

Jangan lupa berwudhu ketika hendak tidur dan bacalah do’a sebelum tidur, Ayat Kursi, surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas tiga kali. Setelah itu, tiupkan bacaan ketiga surat ini ke kedua telapak tangannya dan diusapkan ke semua anggota badannya, mulai dari ubun-ubun sampai telapak kaki, sebagaimana keterangan hadits yang shohih. Dan akhirilah dengan doa :

Semoga dengan mengawali mendidik anak sesuai sunnah, anak akan dilindungi oleh Alloh Ta’ala dari gangguan makhluk halus dan menjadi anak yang shohih dan sholihah

Sumber: Majalah Al-Mawaddah Vol. 41 Rajab 1432H/Juni-Juli 2011M

Artikel: http://ibnuabbaskendari.wordpress.com

About these ads

From → Belajar Islam

12 Komentar
  1. besok kami berangkat keBali, dan diwajibkan oleh kantor u/ ikut semua beserta keluarga,,,,,,,sya sudah menolak dan minta kebijakan kantor u/ tidak ikut berkali2, namun tetap tidak bisa, dan kami sekeluarga harus ikut………saya selalu merasa was2 lantaran saya juga harus membawa anak saya yg masih berumur 15 bulan dan istriku yg selalu menyusuinya u/ berlibur ke Bali yang notabene daerah masih kental mistisnya,,,,,,mohon saya dibantu atas permasalahan saya karena sya tidak tahu lagi harus berbuat apa dan jika kami berangkat kesana hal/ antisipasi apa yg harus kami lakukan………mohon kami dibantu

    • Barakallahu fiikum.. semoga Allah senantiasa menjaga seluruh anak-anak keluarga kaum muslimin dari kejahatan Syaithan dari bangsa Jin dan Manusia.
      Beberapa amalan yang dijelaskan dalam tulisan ini Insya Allah mencukupi sebagai benteng yang digunakan untuk melindungi anak-anak kita kapan pun dan di mana pun. Jika kita telah menjalankan usaha perlindungan sebagaimana disebutkan di atas maka selebihnya kita tawakkal kepada Allah karena hanya Allah yang berkuasa atas segala yang ada di alam ini.

      Kemudian hendaknya kita sebagai muslim menghindari untuk hadir ke tempat-tempat ibadah orang-orang kafir atau tempat-tempat di mana kemaksiatan biasa dilakukan oleh manusia secara terang-terangan tanpa rasa malu kepada Rabbul ‘Alamin. Semoga Allah melindungi Bapak sekeluarga.

  2. Assalamu alaikum ….mohon bantuannya pak. sudah 1 minggu ini anak kami yang berumur 17 bulan demam dan mencret dan kami sudah bawa ke dokter, mencret sudah sembuh, tapi badan masih agak hangat. yang menjadi kendala adalah anak kami selalu rewel dan menangis keras apalagi diwaktu malam dan seperti ketakutan. apabila ditinggal ibunya pasti akan menangis dengan kerasnya seperti orang kerasukan dan tidak mau digendong keluar rumah… bawaanya selalu minum dan tidur dan seperti melihat makhluk yang lain. bagaimana mengatasinya pak… terimakasih atas bantuannya.

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh…

      Jika keadaannya demikian dan dikhawatirkan anak terkena gangguan Jin, maka praktekkanlah apa yang dijelaskan oleh Al-ustadz Aunur Rafiq di atas.

      Pengalaman kami pribadi dalam kasus seperti ini, pernah terjadi 2 atau 3 kali. Salah satunya anak kami rewel dikarenakan akan tumbuh gigi. Tapi, pada kejadian-kejadian tersebut semuanya kami melakukan beberapa hal :
      - menutup pintu dan jendela menjelang maghrib,
      - pada waktu menjelang maghrib anak kami digendong oleh ibunya dan dibacakan kepadanya ayat kursi, surah al ikhlas, al falaq dan an nas, beberapa do’a perlindungan yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
      - kami bacakan surah al baqarah, karena berdasarkan hadits shahih bahwa jin/setan akan lari dari rumah yang dibacakan padanya surah al baqarah
      - yang paling penting adalah tawakkal kepada Allah dan meminta perlindungan kepadaNya untuk anak kita

      Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada anak Anda, semoga Allah melindungi anak-anak kaum muslimin dan kaum muslimin seluruhnya.

  3. lyla permalink

    surat/hadist tidak dijelaskan mengenai doa ketika membawa bayi keluar rumah, tlng diperjelas.. oya sekalian mau tanya apabila didalam rumah terdengar orang membaca alquran tp itu dr suara mp3 apa hukumnya? bermanfaat tdk… saya pernah baca artikel. apabila suatu rumah dibc kan surat albaqoroh maka setan tdk akan berani masuk. apabila bacaan surat alquran itu dr mp3 bermanfaat tdk? atau hrs orang yg py rumah sendiri yg hrs membacanya?? trims..

    • Silakan lihat di di sini.

      Bacaan Al-Qur’an baik yang dibaca sendiri atau dibacakan oleh orang lain baik secara langsung maupun lewat rekaman, Insya Allah bermanfaat. Hanya saja keutamaan membaca sendiri tentu lebih besar daripada sekedar mendengar… Wallahu a’lam.

  4. mama alya permalink

    ass.. anak sy umur 2bln,pernh anak sy nangis dn rewel mpe malam. kmudian sy pgl orang tua yg mengerti ttng hal2 itu. dibacakan srt yasin dlm kmr alhdulh nangisnya berhenti. kejdian trsebut terulang lg lusanya mau magrip dn ini lbh parah nangs tk henti mpe 30ment mata bola keatas trs. pdhal anak sy gendong dn pimtu dn jendela rumah d tu2p smua. kmdian lg2 sy pgl orang tua dn dibckan SRt ALQOLAM langsung diam. yg sy tanyakan knpa anak sy mudah kena sawan apa yg hrs sy lakukan.. aplg mau brpergian

    • Wa’alaikumussalam,

      Sebelumnya saya hanya mengingatkan barangkali karena terburu-buru atau lupa sehingga sebagian orang yang berkomentar tidak menuliskan salam atau menulis tapi dengan singkatan dan semisalnya, semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka kepada amalan menyebarkan salam sehingga dengannya mereka akan masuk kepada darus salam (surga).

      Mungkin dan sangat mungkin bagi anak-anak bahkan orang dewasa untuk diganggu oleh Jin, karena itu hendaknya kita senantiasa memohonkan perlindungan kepada Allah untuk anak-anak kita dari gangguan jin.

      Perlindungan sebelum terkena gangguan, misalnya dengan membacakan kepadanya Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-Mu’awwidzatain dan do’a-do’a yang diajarkan oleh Nabi untuk memohon perlindungan kepada Allah dari gangguan makhluk jahat.

      Pengobatan jika anak terkena gangguan dapat dilakukan dengan bacaan-bacaan yang sama.

      Silakan lihat di sini.

      Barakallahu fiikum

  5. asalammualaikum…. sy mau tanya anak sy 3 bln yg lalu sering menangis,banyak diam,tdk mau makan,mnm susu pun sedikit,berubah 180′ dari biasanya. setelah ditrapy seperti diruqyah it,sikcl,mau makn lg n sekarang ceria seperti dl seblm terkena skt it. sy tanya pakde sy yg menerapy sikcl,bilangnya sikcl kena sawan rmh. n ad yg menempel n mengikuti. seblm dibw untk trapy it,3 mlm seblmny,dr jam 8 mlm sampai jam 3 pg,nangis lama,berhenti,bobo,nenen.bngun nagis lg sampai teriak2 seperti it. sama ayhnya tiap dibacakan ayat kursi,surat al-falaq,surat an-nas & surat al-iklas tambh keras yg nangis sama matanya mendelik,melotot. Alhamdulillah sekarang jarang nangis mlm. Yg ingin sy tanyakan,kok sikcl sekarang sering n suka menangis,apa2 seperti tdk berkenan di hatinya,bs aja bikin nangis,buat makn sulitnya minta ampun,aplg mnm susu,sekrg berat bdnny susut bnyk. tiap mlm,kl tdr mlm sy dengarkan murotalan,tdrnya nyenyak,tdk bangun sambil menangis. Tp kl lupa… astofirulloh haladzim… tengah mlm bngun,nangis jempling2,ketakutan. apakah ank sy msh diganggu oleh jin? pakde sy sdh menyarankan untuk rmh dibacakan surat al-baqoroh sampai katam,tp blm kami lakukn. ad yg menyarankan rmh untk diruqyah,juga kami blm melakuknny, krn kesibukan suami yg sering keluar kota. Tlg pak,solusinya bagaiamana n kenapa dng sikcl ya??? sy sangat kepikiran skali. sampai membut sy lepas kendali,sering nyeplesi kl sudh suka nangis yg gk mau berhenti. tlg pak… jajaquloh……

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh…
      Anak yang suka menangis tidak selamanya karena gangguan makhluk gaib, bisa karena ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman atau karena sakit. Jika Anda dan suami telah melakukan ruqyah dan tetap tidak meredakan kebiasaan anak Anda, ada baiknya diperiksakan ke dokter untuk mengetahui kemungkinan adanya faktor lain yang menyebabkan anak rewel.

      Untuk penjelasan lebih lanjut silakan menuju link berikut ini.

      Semoga Allah melindungi keluarga kaum muslimin dari setiap keburukan.

  6. Fitri permalink

    Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

    Saya mempunyai bayi usia 3 bulan. Alhamdulillah saat ini sedang menyusu asi eksklusif.
    Sejak lahir, bayi saya menyusu tidak berhenti2. Saya berkali2 mendatangi dokter untuk bertanya, dokter selalu bilang itu biasa. Setiap orang yang bersama kami seharian selalu bingung dengan bayi saya yg tidak kunjung berhenti menyusu. Dengan sekuat tenaga saya bertahan sampai hari ini dengan asi eksklusif walau sangat lelah.
    Saat ini, walapun masih terhitung sangat sering, namun mulai berkurang. Tapi ada hal yang aneh. Dalam kondisi apapun bayi saya, bahkan saat dia sedang tidur nyenyak, dia akan terbangun dan marah/ menjerit2, tiap saya mau shalat. Awalnya saya tidak “ngeh”. Lama2 makin tidak masuk akal. Masa, saya tunda pun shalat saya (Isya), sampai jam 3 malam, karena ingin tenang, tiba2 dia bangun dan menangis. Begitu jg dengan subuh. Tiap saya mau subuh tepat waktu, dia selalu marah. Saya merasa kok sepertinya melalui bayi saya ini saya diganggu supaya shalatnya jadi terburu2 dan tdk khusyu’ karena panik mendengar jerit2 anak saya.
    Betulkah semua itu atau hanya prasangka saya? Apa yang harus saya lakukan? Saya sering minta bantuan orang lain untuk menjaganya saat saya shalat, tapi tetap begitu juga.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh,
      Bisa jadi itu merupakan bentuk gangguan dari jin untuk melalaikan kita dari ibadah. Dengan meminta pertolongan Allah bacakan ayat-ayat yang biasa digunakan untuk ruqyah kepada anak Anda, seperti : Alfatihah, Ayat Kursi, 2 ayat terakhir albaqarah, al-ikhlas & al-mu’awwidzatain, terutama menjelang waktu maghrib dan sebelum tidur.

      Semoga Allah melindungi anak-anak kaum muslimin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: