MP3 Kajian : Penjelasan 3 Landasan Utama

Posted on Updated on

Tema : “Syarah (Penjelasan) Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Tiga Landasan Utama)”
Pemateri : Ust. Abu Qotadah -hafizhahulloh-
Durasi : 163 Menit
Sumber : Rodja 756 AM (Radio Streaming)

Kajian ini mejelaskan kitab Al-ushul Ats-tsalatsah (Tiga Landasan Utama). Kitab ini adalah kitab yang sangat agung, yang ditulis oleh Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab -rahimahullah-. Buku ini mendapat perhatian besar dari para ulama ahlussunnah wal jama’ah. Karena kitab ini berisi penjelasan tentang hal-hal yang penting yang wajib diketahui oleh seorang muslim. Bahkan sebagian ulama mengatakan, tidak layak bagi seorang muslim untuk tidak mempelajari kitab ini. Karena didalam kitab ini dijelaskan tentang perkara-perkara yang menjadi pondasi dari Islam seseorang, yaitu :

1. Mengenal Alloh: Rububiyyah-Nya, Uluhiyyah-Nya, Nama-nama dan Sifat-sifat-Nya.
2. Mengenal Agama yang kita peluk,
3. Mengenal Nabi Muhammad -shallallohu ‘alaihi wa sallam-.

Bahkan dikatakan, layak bagi seorang muslim untuk mempelajari kitab ini sebanyak 30 kali. Maka mengulang-ulang mempelajari kitab ini merupakan hal yang dicintai oleh para ulama. Hampir tidak ada ulama yang tidak memberikan penjelasan terhadap kitab ini. Syaikh Muqbil -rahimahulloh- menganjurkan bagi orang yang baru mulai mempelajari Islam, untuk menghafal matan kitab ini.

Tiga perkara yang dijelaskan dalam kitab ini merupakan tiga perkara yang akan ditanyakan kepada setiap manusia di dalam kuburnya. Dimana setelah seseorang dimasukkan ke dalam kuburnya dan setelah orang-orang yang mengantarkannya meninggalkannya sendirian di kuburan maka akan datang dua malaikat kepada orang tersebut yang akan menanyakan tiga perkara :

1. Siapa Rabb kamu ?
2. Siapa Nabi yang diutus kepada kamu ?
3. Apa Agama yang kamu ikuti ?

Adapun orang-orang mu’min, maka mereka akan dapat menjawabnya, yang dengannya ia akan mendapatkan kebahagiaan di alam kuburnya seblum kelak kenikmatan di surga yang abadi. Sedangkan orang-orang kafir dan munafiq, mereka tidak akan dapat menjawabnya, yang karena itu mereka mendapatkan adzab dikuburnya sebelum kelak adzab yang kekal abadi di neraka.

Seseorang tidaklah akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melainkan karena sebab ilmu yang dia miliki dan diamalkannya di dunia dengan ikhlas dan mengikuti sunnah. Adapun orang yang berpaling dari ilmu tentang tiga perkara ini dan tidak mau mengamalkannya, maka mereka tidak akan dapat menjawab semua pertanyaan itu sekalipun mereka menghafalnya di dunia.

Saudaraku, semoga kajian yang singkat ini dapat menjadi bekal bagi kita dalam menempuh kehidupan dunia dan sebagai bekal terbaik dalam menyambut kematian. Luangkanlah sejanak waktu yang kita miliki untuk menyimak dan memperhatikan uraian ringkas ini. Semoga Alloh memberikan kita hidayah untuk dapat memahami dan mengamalkannya dengan istiqomah di dunia hingga ajal menjemput kita.

Akhirnya, semoga Alloh memberikan balasan yang sebaik-baiknya kepada penulis kitab ini, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab -rahimahullah-, juga kepada Ust. Abu Qotadah yang telah memberikan penjelasan terhadap kitab ini dalam kajian yang singkat ini. Semoga Alloh mengumpulkan kita bersama para Nabi, Shiddiqin, Syuhada dan Sholihin. Wal hamdu lillahi rabbil ‘alamin.

[Download Kajian]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s