Amalan-amalan Yang Diperbincangkan Oleh Para Malaikat

Posted on

Pelajaran dari Khutbah Jum’at hari ini (01/04/2011)

  1. Diantara nikmat paling besar yang wajib untuk senaniasa kita syukuri adalah nikmat berada di atas Islam dan Sunnah. Dan Sunnah adalah seperti Perahu Nabi Nuh, siapa yang menaikinya maka ia akan selamat dan siapa yang enggan maka ia akan binasa dibawa arus syubhat dan syahwat.
  2. Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah, diantara perkara-perkara yang merupakan petunjuk Rasulullah adalah beberapa hal yang barangsiapa menjaganya maka ia akan hidup dalam kebaikan dan mati dalam kebaikan.
  3. Keutamaan lain dari amalan-amalan tersebut adalah ia menjadi perbincangan dikalangan malaikat-malaikat yang ada di langit. dapat menghapuskan dosa serta meninggikan derajat.
  4. Diantara amalan yang dapat menghapuskan dosa ada tiga : melangkahkan kaki menuju ke masjid, menyempurnakan wudhu dalam cuaca yang sangat dingin/panas, menunggu waktu sholat dari waktu ke waktu.
  5. Melangkahkan kaki ke masjid adalah amalan yang lebih ringan untuk dilakukan daripada melangkahkan kaki di medan jihad, akan tetapi ia memiliki pahala yang besar.
  6. Menjaga wudhu adalah amalan yang agung yang merupakan ciri orang yang mu’min. Diantara keutamaannya adalah seperti yang tersebut dalam kisah Bilal, bahwa Nabi mendengar suara terompah Bilal di dalam surga. Hal itu karena Bilal senantiasa berwudhu apabila ia berhadats kemudian mendirikan sholat dua raka’at.
  7. Menanti sholat dari waktu ke waktu, inilah Ar-Ribath (berjaga-jaga ditapal batas)
  8. Diantara amalan yang dapat mengangkat derajat ada tiga : memberikan makan kepada fakir miskin, menyebarkan salam kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal, mendirikan sholat malam tatkala manusia tidur.
  9. Qiyamul lail adalah kebiasaan orang-orang sholih sebelum kita.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s