Skip to content

Barisan Ulama Pembela Sunnah : Wajibnya Menghormati Dan Memuliakan Ulama

Juli 13, 2011

Ilmu memiliki keutamaan yang agung , dan sungguh Allah telah meninggikan derajat para ulama yang mengamalkan agamanya, Allah I berfirman :

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat” ( Al-Mujadilah : 11 ) dan Allah berfirman :

هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

“Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?”.” ( Az-Zumar : 9 ) dan Allah berfirman :

شَهِدَ اللّهُ أَنَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ وَالْمَلاَئِكَةُ وَأُوْلُواْ الْعِلْمِ قَآئِمَاً بِالْقِسْطِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Allah bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia,para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga bersaksi yang demikian itu). ” ( Ali Imran : 18 ) di dalam ayat ini Allah mengiringkan persaksian para ulama dengan persaksianNya dan persaksian para malaikatNya.

Rasulullah e bersabda :

إن العلماء   ورثة الأنبياء  إن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنما ورثوا العلم فمن أخذ به أخذ بحظ وافر

Sesungguhnya para ulama adalah pewaris para nabi, dan sesungguhnya para nabi tidaklah mewariskan dinar dan dirham, tetapi yang mereka wariskan adalah ilmu, maka barangsiapa yang mengambilnya sungguh dia telah mengambil bagian yang banyak “ ( Diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam Jami’nya 5/48, Abu Dawud dalam Sunannya 3/317, dan Ibnu Majah dalam Sunannya 1/81, dan dihasankan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 1/83 dan Syaikh Al-Albany dalam Shahih Targhib 1/105 ).

Dan bersabda :

 ليس منا من لم   يجل كبيرنا  ويرحم صغيرنا ويعرف لعالمنا

Bukanlah termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati yang tua dari kami, menyayangi yang muda dari kami, dan mengerti hak ulama kami” ( Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya 5/323 dan Al-Hakim dalam Mustadraknya 1/122, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Shahih Targhib 1/117 ).

Karena inilah maka Ali bin Abi Thalib t berkata : “Kecintaan kepada ulama adalah agama” ( Dikeluarkan oleh Al-Khothib dalam Al-Faqih wal Mutafaqqih 1/182 ).

Sufyan bin Uyainah berkata : “Manusia yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah adalah yang menjadi perantara antara Allah dan hamba-hambaNya, yaitu para nabi dan ulama” ( Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim hal. 35 oleh Ibnu Juma’ah Al-Kinany ).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata : ” Wajib atas kaum muslimin memberikan wala’ ( loyalitas ) kepada orang-orang yang beriman – setelah loyalitas terhadap Alloh dan RasulNya – khususnya para ulama yang merupakan pewaris para nabi, yang Alloh jadikan mereka di dalam umat ini seperti bintang-bintang yang dijadikan sebagai petunjuk arah di kegelapan daratan dan lautan. Kaum muslimin telah sepakat menjadikan mereka sebagai jalan petunjuk.

Karena sesungguhnya setiap umat – sebelum diutusnya nabi kita Muhammad e – ulama mereka adalah yang terjelek dari mereka, kecuali kaum muslimin yang ulama mereka adalah yang terbaik dari mereka. Karena sesungguhnya mereka adalah para penerus Rasulullah e di dalam umatnya, merekalah yang menghidupkan yang telah mati dari sunnahnya, merekalah penegak Al-Kitab dan dengan Al-Kitab mereka tegak, melalui merekalah Al-Kitab berucap dan dengan Al-Kitablah mereka berucap ” ( Raf’ul Malam ‘An Aimmatil A’lam hal. 3-4 ).

Sumber :

Makalah Ust. Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah Pada Kajian Umum Ilmiyah Di PP Al-Ukhuwah Sukoharjo

Dari Radio suaraquran.com

From → Belajar Islam

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: