Skip to content

Jangan Sembarangan Memakai Wadah Plastik!

Oktober 19, 2011
kode-wadah-plastik

kode wadah plastik

Coba perhatikan di dapur Anda. Berapa banyak wadah untuk menyimpan makanan yang terbuat dari plastik? Berapa banyak botol plastik bekas air mineral yang Anda pakai kembali? coba perhatikan dibawah wadah plastik tsb menginformasikan bahwa plastik tsb aman/tdk untuk digunakan.

Kode-kode tersebut adalah :

1-PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate) :

berwarna transparan seperti botol air mineral, jus dan hampir seluruh botol minuman lainnya. Botol berjenis ini hanya dipakai sekali saja dan tidak digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas.

2-HDPE (High Density Polyhylene) :

tanda ini digunakan untuk botol susu, wadah makanan tebal, dan galon air minum. HDPE lebih tahan suhu tinggi. Meski aman, plastik HDPE digunakan untuk mengemas makanan atau minuman dianjurkan untuk sekali pemakaian.

3-PVC (Polyvinul Chloride) :

jenis ini sering digunakan sebagai plastik pembungkus. PVC akan memiliki potensi berbahaya terhadap ginjal, hati, dan berat badan apabila digunakan untuk membungkus makanan.

4-LDPE (Low Density Polyethylene) :

plastik ini terbuat dari minyak bumi dan biasa dipakai untuk wadah makanan, plastik kemasan, dan botol-botol lunak. LDPE adalah plastik yang sulit dihancurkan, namun baik untuk menjadi tempat makanan.

5-PP (Polypropylene) :

botol ini berwarna transparan namun tidak jernih. Bahan ini memiliki daya tembus uap yang rendah, tahan terhadap lemak, stabil dengan suhu tinggi dan cukup mengilap. Bahan ini merupakan jenis bahan plastik terbaik untuk wadah makanan serta minuman.

6-PS (Polystyrene) :

ini adalah polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene jika bersentuhan dengan makanan. Jadi plastik ini termasuk berbahaya karena dapat mengganggu hormon estrogen pada wanita dan berakibat pada masalah reproduksi dan pertumbuhan sistem syaraf.

7-OTHER :

plastik ini terbagi atas empat jenis plastik : SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PC (Polycarbonate), dan Nylon. Keempatnya berwujud botol air minum untuk olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat elektronik, dan plastik-plastik kemasan. Meski relatif aman, hindari PC karena mengandung Bisphenol-A yang berbahaya dan merusak sistem hormon tubuh.

Sumber :Irham Zulfi

From → Kesehatan

One Comment
  1. Teliti dalam membeli dan menggunakan wadah plastik, menjadikan kita sehat. semoga kesehatan selalu diselipkan Allah di saku kita. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: