Skip to content

[Shollu 3.10] Software Pengingat Waktu-waktu Shalat [Download Gratis]

Oktober 29, 2012

Shalat adalah salah satu dari lima rukun Islam, shalat merupakan tiang agama. Allah telah mewajibkan shalat 5 waktu dalam sehari semalam kepada ummat Islam pada saat peristiwa Mi’raj-nya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ini menunjukkan betapa agung dan mulianya kedudukan shalat dalam Islam. Shalat yang lima waktu tersebut telah ditentukan waktu-waktu pelaksanaannya dalam syari’at,

إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَاباً مَّوْقُوتاً

Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman [4 : 103]

Penjelasan tentang waktu-waktu shalat fardhu dapat dibaca di sini. dan penjelasan tentang waktu-waktu yang terlarang untuk shalat dapat dibaca di sini.

Allah memerintahkan untuk menjaga shalat yang lima waktu dan menekankan untuk menjaga shalat wustha yaitu shalat Ashr,

حَافِظُواْ عَلَى الصَّلَوَاتِ والصَّلاَةِ الْوُسْطَى وَقُومُواْ لِلّهِ قَانِتِينَ

Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa . Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’. [2 : 238]

Alhamdulillah perkembangan teknologi semakin memudahkan kita dalam menjalankan dan memelihara pelaksanaan ibadah yang agung ini. Sehingga tidak ada kesempatan bagi seseorang yang sibuk bekerja di depan komputer dan dia melalaikan shalat untuk beralasan bahwa dia tidak mengetahui atau tidak mendengar panggilan adzan untuk shalat. Karena sekarang ada software Shollu yang dibuat untuk mengingatkan kaum muslimin akan waktu-waktu shalat fardhu.

Semoga kita dapat senantiasa menajaga shalat lima waktu dan mendirikannya dengan khusyu’.

RILIS TERBARU Shollu 3.10 [Ebsoft.Web.id]

Setelah merilis program pengingat sholat Shollu 3.09, ternyata ada beberapa kekurangan (bugs), yang menyebabkan beberapa fitur kurang sempurna. Kali ini sebagai perbaikan, Alhamdulillah Shollu versi baru bisa di rilis lagi. Shollu 3.10berfokus pada beberapa perbaikan, kompatibilitas plus ada tambahan fitur baru.

Sebelum versi 3.09 perkembangan shollu sempat terhenti cukup lama (hampir 4 tahun lebih), sehingga ketika mencoba mengupdate, harus mempelajari ulang alur program shollu. Versi 3.09 di rilis dengan perubahan inti yang cukup banyak, serta penyesuaian terutama untuk Windows 7. Oleh karena itu tidak heran jika masih ada beberapa kesalahan/kekurangan yang sebelumnya berjalan normal, tetapi di versi ini belum sempurna.

Shollu 3.10 berusaha mengatasi berbagai kekurangan yang ada di versi 3.09 serta mengakomodasi permintaan beberapa pengguna yang bisa saya implementasikan dengan cepat. Beberapa perubahan, perbaikan atau fitur baru di versi 3.10 ini adalah :

  • Perbaikan masalah autostart atau autorun yang tidak berjalan di windows 7/Vista
  • Perbaikan suara azan damam yang seharusnya bukan untuk shubuh.
  • Tambahan bahasa Aceh (kontribusi dari mas Musanna Aditya)
  • Penambahan pengaturan opsi ukuran font Dropzone
  • Perbaikan pembuatan jadwal sholat dalam format HTML

Untuk perbaikan masalah autorun/autostart di Windows Vista/7, mungkin perbaikan ini belum final, jadi silahkan bagi yang sebelumnya bermasalah, dicoba versi ini, apakah sudah berjalan atau belum (membutuhkan tester dan masukan dari pengguna). Ukuran tulisan di waktu dan sisa waktu sholat yang tampil bisa diatur melalui klik kanan dan pilih menu Font Size. Tersedia mulai beberapa perbesaran.

Masalah di versi 3.09 juga terjadi ketika mencetak jadwal sholat dalam format HTML. Di versi 3.10 masalah pembuatan jadwal sholat insyaAllah sudah diperbaiki. Bagi yang sudah familiar dengan kode HTML, template pembuatan jadwal sholat bisa diubah sendiri. Silahkan buka saja file jadwal.tpl (sebelumnya file ini bernama jadwal.html) yang ada di folder installasi shollu 3.10 dengan text editor apa saja, karena ini hanya file html biasa.

Akhirnya, bagi yang ingin segera memperbarui versi shollu yang terinstall, silahkan download dari link Shollu di google code yang ada di bagian akhir tulisan ini. Jika masih ada masalah, silahkan di informasikan melalui komentar atau langsung email. Dan bagi yang ingin membuat, membantu mengembangkan atau sekedar melihat-lihat source kode program shollu bisa juga mengunduh dari google code (Jika memang bermanfaat, jangan lupa mengeklik bintang atau Google+ di halaman project shollu tersebut)

Ingin langsung mencoba? kunjungi link ini Program Shollu (All Windows)

Bagi pengguna Windows Vista/7/8 silahkan di install dengan Klik kanan dan pilih Run as Administrator. Termasuk bagi yang gagal mengubah settingnya, bisa di install ulang dengan tips ini

From → Komputer

14 Komentar
  1. ko pengaturan kota nya udah diganti tapi masih tetep kota Yoygakarta ?

    • Silakan kunjungi situsnya mas, di bagian tanya jawab ada penjelasan untuk masalah ini : http://ebsoft.web.id/rilis-versi-baru-program-pengingat-sholat-shollu-3-10/

  2. ridho permalink

    ya mas jet bener saya juga bingung :D

  3. darwin sitepu permalink

    Trim’s udah mantap ….. waktunya…..

  4. Software pengingat sholat akurat http://softwarepsr.com/id16094

  5. Sangat membantu

  6. bambang permalink

    bagaimana cara downloadnya

    • klik link di atas, kemudian nanti disebelah kiri halaman yang terbuka dari link tersebut ada lagi link utk donlot file installer shollu. semoga berhasil

  7. mochammad sholeh permalink

    Jaza kumullah khoiron katsiro…..

  8. Mas Iman permalink

    Gak bisa diseting di windows 7….mohon pencerahannya maturnuwun

    • silakan kunjungi http://www.ebsoft.web.id di sana ada penjelasannya Mas, terima kasih atas kunjungannya.

    • bithink permalink

      untuk win7 “RUN as Admin” baru bisa ganti2 setting..thx

  9. vera permalink

    Shollu buat hp android blum ada y?

    • kyaknya belum, coba aja cek ke http://www.ebsoft.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: