Skip to content

Terjemah Tafsir Al-Muyassar [002] : Tafsir Al-Fatihah 002

Maret 18, 2016

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2)

(الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِينَ) الثناء على الله بصفاته التي كلُّها أوصاف كمال, وبنعمه الظاهرة والباطنة، الدينية والدنيوية، وفي ضمنه أَمْرٌ لعباده أن يحمدوه, فهو المستحق له وحده, وهو سبحانه المنشئ للخلق, القائم بأمورهم, المربي لجميع خلقه بنعمه, ولأوليائه بالإيمان والعمل الصالح.

Kalimat (الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِينَ) adalah pujian/sanjungan bagi Allah dengan sebab sifat-sifatNya yang seluruhnya merupakan sifat-sifat yang sempurna, dan dengan sebab berbagai kenikmatan-kenikmatan yang dianugerahkanNya baik yang tampak maupun yang tidak nampak, baik dalam perkara diniyah (agama) maupun duniawiyah. Pada ayat ini, tersirat perintah untuk para hambaNya agar senantiasa memujiNya. Karena hanya Dia-lah satu-satunya yang berhak atas berbagai puji-pujian. Dan Dia yang Mahasuci adalah yang mengurus seluruh makhluk, mengatur segala urusan mereka, Dia-lah Murabbi yang memelihara seluruh makhluk secara umum dengan berbagai nikmat dariNya. Dan Dia memelihara para wali-Nya dengan (memberikan mereka taufik kepada) iman dan amal shalih.

Faidah:

  • [Diantara Asmaul Husna adalah Ar-Rabb (الرَّبُّ) yang artinya meliputi makna pencipta, pemilik, pemelihara dan pengatur. Kata (الرَّبُّ) ini apabila berdiri sendiri maka tidak boleh diperuntukkan kecuali untuk Allah ta’ala, adapun apabila disandingkan dengan kata lainnya maka diperbolehkan untuk selain Allah ta’ala, seperti kata (رَبُّ الدَّارِ) artinya, pemilik rumah.]
  • [Tarbiyah atau pemeliharaan Allah atas hambaNya meliputi tarbiyah yang bersifat umum dan tarbiyah yang bersifat khusus. Tarbiyah yang umum meliputi seluruh makhluk, baik yang beriman maupun kafir, berupa penciptaan pemberian rizki dan sebagainya. Adapun tarbiyah khusus adalah dikhususkan untuk para waliNya yang shalih, berupa penganugerahan keimanan, ilmu, taufik dan amalan shalih. ]

الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3)

(الرَّحْمَنِ) الذي وسعت رحمته جميع الخلق, (الرَّحِيمِ), بالمؤمنين, وهما اسمان من أسماء الله تعالى.

(الرَّحْمَنِ) yaitu pemilik rahmat yang luas, yang kasih-sayangnya itu mencakup seluruh makhlukNya. (الرَّحِيمِ) yaitu yang menyayangi orang-orang yang beriman. Kedua nama ini adalah diantara nama-nama Allah ta’ala.

Qira’ah Kitab Tafsir Muyassar Hal. 1

From → Belajar Islam

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: