Langit Kelima, Hadiah Untuk Musa

Posted on Updated on

Di Langit Kelima

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“ثُمَّ صَعِدَ بِي، حَتَّى أَتَى السَّمَاءَ الخَامِسَةَ فَاسْتَفْتَحَ، قِيلَ: مَنْ هَذَا؟ قَالَ: جِبْرِيلُ. قِيلَ: وَمَنْ مَعَكَ؟ قَالَ: مُحَمَّدٌ. قِيلَ: وَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ؟ قَالَ: نَعَمْ. قِيلَ: مَرْحَبًا بِهِ، فَنِعْمَ المَجِيءُ جَاءَ. فَلَمَّا خَلَصْتُ فَإِذَا هَارُونُ، قَالَ: هَذَا هَارُونُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ. فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَرَدَّ ثُمَّ قَالَ: مَرْحَبًا بِالأَخِ الصَّالِحِ، وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ”.

Kemudian aku dinaikkan ke langit kelima. Jibril meminta pintu langit kelima dibukakan. Penjaga pintu langit berkata, “Siapa itu?” “Jibril”, jawabnya. “Siapa yang bersamamu?”, tanya penjaga. “Muhammad”, jawab Jibril. Penjaga kembali bertanya, “Apakah ia diutus kepada-Nya?” “Iya”, jawab Jibril. Penjaga itu berkata, “Selamat datang. Sebaik-baik orang yang datang telah tiba.”

Ketika aku telah melewati pintu, aku berjumpa dengan Harun. Jirbil berkata, “Ini adalah Harun. Ucapkanlah salam padanya.” Aku pun mengucapkan salam, kemudian ia membalas salamku. Ia berkata, “Selamat datang saudara yang shaleh dan nabi yang shaleh.”

Di langit kelima ini, Nabi Muhammad berjumpa dengan saudaranya Nabi Musa, yaitu Nabi Harun. Pertemuan dengan Nabi Harun ini, merupakan bentuk pemuliaan juga terhadap Nabi Musa. Kehadiran Nabi Harun memberikan kegembiraan yang luar biasa bagi Nabi Musa. Harun bukan hanya seorang saudara. Tapi ia juga merupakan hadiah dan rahmat Allah kepadanya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

وَوَهَبْنَا لَهُ مِنْ رَحْمَتِنَا أَخَاهُ هَارُونَ نَبِيًّا

“Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi.” [Quran Maryam: 53].

Dalam firman-Nya yang lain, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa Dia mengabulkan permintaan Nabi Musa yang memohon keteguhan dengan mengangkat saudaranya sebagai temannya berdakwah.

قَالَ قَدْ أُوتِيتَ سُؤْلَكَ يَا مُوسَى (36) وَلَقَدْ مَنَنَّا عَلَيْكَ مَرَّةً أُخْرَى

“Allah berfirman: “Sesungguhnya telah diperkenankan permintaanmu, hai Musa”. Dan sesungguhnya Kami telah memberi nikmat kepadamu pada kali yang lain.” [Quran Thaha: 36-37].

Sumber:
https://islamstory.com/ar/artical/3406657/الرسول-في-السماوات

Oleh Nurfitri Hadi (@nfhadi07)
Artikel http://www.KisahMuslim.com

 

Tinggalkan komentar